Menurut beberapa pendapat bahwa SEM / search engine marketing hanyalah sebuah konsep yang mencakup SEO sebagai alat untuk membuat konsep ini efisien ketika diterapkan.
Sebagai contoh, bila anda melakukan pencarian pada Google. Hasil dari pencarian akan menampilkan beberapa iklan berbasis teks yang terletak di atas hasil dan sisi kanan pada halaman hasil pencarian Google. Iklan ini didefinisikan sebagai iklan PPC / Pay Per Klik. Menempatkan iklan pada mesin pencarian dengan cara membayar per klik pengunjung pada jasa penyedia iklan, cara ini dapat menentukan posisi iklan Anda.
Pembayaran ini dibayar hanya jika iklan diklik. Bila melihat dari sudut pandang ini, sebuah situs dapat menempati posisi teratas pada mesin pencarian dengan cara membayar kepada layanan mesin pencari.
Seperti SEO, yang satu ini bertujuan untuk memberikan traffic lebih pada situs web yang akan dicerminkan dalam cara website diberi peringkat di halaman hasil mesin pencari. Dengan penggunaan SEM akan membuat situs lebih cepat terhubung dengan Google. Karena metode ini hanya harus membayar untuk jenis pengiklanan yang ditayangkan.
Pada SEO agar dapat mendapatkan peringkat pada mesin pencarian, penggunaan SEO memerlukan beberapa proses. Karena sebuah web/situs pertama kali perlu mendapatkan jumlah lalu lintas yang tinggi. Hal ini biasanya tercapai dalam jangka waktu yang cukup lama.
Persyaratan lain yang terlibat agar membuat sebuah situs akan diberi peringkat mesin pencarian, seperti menemukan keyword / kata kunci yang tepat untuk konten situs anda agar membuatnya lebih mudah untuk ditemukan oleh mesin pencarian. Selain itu, situs harus diatur dengan benar saat backlink dibangun pada situs anda atau situs yang membuat link ke situs anda.